Monday, October 1, 2012

instalasi rumah tangga

Praktek Instalasi Cahaya Merangkai Instalasi Penerangan Rumah Tinggal

05 Des
Saat pengecekan rangkaian dan ada sedikit troublesaya adalah seorang mahasiswa Politeknik Negeri Bali semester 3. Dimana instalasi cahaya merupakan salah satu mata kuliah yang saya dapatkan di Politeknik Negeri Bali. Praktek Instalasi Cahaya dilaksanakan dari tanggal 17 November-2 Desember 2011. Praktek ini dilaksanakan secara individu, dalam satu kelas terdiri dari 23 mahasiswa yang tiap orang mendapatkan meja kerja tersendiri. ini foto saya bersama teman saya serta papan rangkaian saya:
Praktek ini merupakan simulasi instalasi penerangan rumah tinggal. Tiap mahasiswa mengerjakan job yang sama sesuai jobsheet yang diberikan. Dimana ada beberapa tahap dalam melaksanakan praktek ini :
1. Memotong papan kerja yang disediakan
2. Membuat ukuran sesuai layout
layout papan kerja
3. Memasang komponen pada papan kerja
dan komponen pada panelnya :
4. Memasang pengawatan (kabel) sesuai diagram pengawatan
5. Mengecek rangkaian dengan AVOmeter sebelum terhubung ke sumber
6. Menghubungkan rangkaian ke sumber
secara sederhananya tahapannya seperti diatas. Pada saat praktek saya tidak bisa melakukannya sendiri, karena pada umumnya ini adalah pekerjaan laki-laki. Maka dari itu ada saja yang membantu. heheh. khususnya makasi buat Pande Bayu Pratama, Gusti Ngurah Adi Mertana, Dika Perkasa, Eka Utama Putra, Ary Wirasena dan teman lainnya yang telah memberi bantuannya buat anak-anak III C. Makasi juga buat yang telah memberikan semangat buat pacarku Duwi Arsana, buat Orang Tua juga Pastinya :)
kembali ke masalah praktek, sebelum melakukan pemasangan kabel harus dipelajari terlebih dahulu deskripsi kerjanya. Dimana deskripsi kerjanya adalah :
a. MCB 1
mengamankan instalasi penerangan dengan beban lampu penerangan kamar tamu, (Lampu D) yang dioperasikan dengan menggunakan tombol tekan (D) dan relay impuls K1 dan lampu kamar makan dan dapur C1 dan C2 dioperasikan oleh saklar seri (C) , dengan 2 buah kontak-kontak(stopkontak)
b. MCB 2
Mengamankan instalasi penerangan teras dengan (lampu F) yang dioperasikan dari tiga tempat yaitu 2 saklar tukar dan 1 silang (F) , dengan satu buah kontak-kontak.
c. MCB 3
Mengamankan instalasi penerangan jalan dan parkir (lampu AB) yang dioperasikan dari rangkaian manual maupun automatis
d. MCB 4
khusus mengamankan rangkaian kontrol yang dioperasikan dari saklar golongan S5 yaitu :
- Posisi automatis (A)
lampu akan menyala secara automatis jika keadaan diluar gelap dan padam jika keadaan diluar terang yang diatur oleh LDR (S8) dan timer yang disetting pada waktu pukul 18.00 sampai 06.00. jika diperlukan dapat juga dioperasikan dengan menekan tombol tekan S6 (A/B)
-Posisi Manual (M)
Pada posisi manual ditandai dengan menyalanya lampu indikator H5, maka lampu dioperasikan dari S6 (A/B)
jabaran diatas merupakan deskripsi kerjanya. dan ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam praktek ini untuk menyesuaikan dilapangan , yaitu mengenai diagram listrik,denah lokasi proyek, denah rumah, konstruksi penerangan lampu jalan dan parkir, diagram kontrol dan layout komponen pada panelnya :
 
 itu beberapa gambar layout yang saya dapatkan dari jobsheet.

sumber eegundi.wordpress.com

No comments:

Post a Comment